20170202_085909

Karangcegak_ Pemerintah desa karangcegak mulai tahun 2017 melakukan berbagai perubahan-perubahan demi tertib di segala bidang, contoh terkecil adalah penggantian meter listrik menjadi pra bayar atau yang kita kenal dengan listrik pintar, mengapa ini dilakukan…

listrik adalah kebutuhan yang sangat fital bagi jalannya roda pemerintahan desa, maka demi tertib administrasi dan tertib anggaran pemdes karangcegak melakukan penggantian meter listrik dari yang pasca bayar ke yang pra bayar, karena  setiap bulan untuk membayar listrik harus masuk dalam anggaran desa yang tentunya membutuhkan pengelolaan bukti administrasi yang baik, dengan migrasi ke listrik pra bayar pemdes sudah tidak kesulitan untuk mendapatkan bukti pembayaran yang sesuai dengan anggaran yang tertulis dalam APBDes. Pada waktu masih menggunakan listrik pasca bayar anggaran yang teranggar sebesar Rp. 25.000 per bulan, tetapi pada kenyataannya terkadang hanya membayar Rp. 24.000 sekian dan bahkan kadang-kadang melebihi anggaran yang sudah ditetapkan.

20170202_091131

Dengan menggunakan listrik prabayar diharapkan mempermudah bendahara desa dalam meng spj kan pengeluaran khususnya dari anggaran listrik. Karena dengan menggunakan listrik prabayar untuk nominal rupiahnya bisa dipastikan… sebagai contoh, anggaran yang diajukan per bulan Rp. 50.000; maka pada realisasinya tetap Rp. 50.000 per bulan, ini tidak ada uang sisa ataupun uang lebih, karena dalam struk pembeliannyapun sesuai dengan jumlah nominal yang diminta.

20170202_095857

Mudah-mudahan dengan migrasi ke listrik prabayar pemdes karangcegak kecamatan kutasari purbalingga dalam menjalankan roda pemerintahan desa bisa berjalan dengan baik dan bisa melayani warga semakin baik tentunya, dan tidak kalah pentingnya adalah dalam mengelola keuangan desa lebih transparan, lebih baik dan lebih akuntabel, karena pengeluaran sekecil apapun tetap harus ada bukti transaksinya, by-admindesa 020217.