Kegiatan Penebaran Benih Ikan Nila di Situ Tirta Marta Desa Karangcegak.

Karangcegak.desa.id _ Sabtu tanggal 08 April 2017 Kepala Desa Karangcegak menerima program  kegiatan Penebaran Bibit Ikan dari Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan, kegiatan tersebut dalam rangka Pengendalian dan Pemeliharaan Sumber Hayati Perikanan Perairan Umum.

Dalam pelaksanaannya tim dari Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan Kabupaten Purbalingga memberikan bibit ikan nila, dan tawes yang penebarannya dilakukan di Kolam Situ Tirtamarta, selain dari Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan hadir juga Babinsa Desa Karangcegak Beliau Bapak Warsim yang sudah menunggu sejak pagi untuk mempersiapkan segala sesuatu bersama-sama dengan Pokdarwis Desa Karangcegak.

Lokasi Situ Tirtamarta adalah Sebuah Telaga yang mempunyai debet air cukup besar yang pemanfaatannya adalah untuk pengairan irigasi desa Karangcegak dan juga desa yang ada di bawahnya diantaranya adalah desa Meri, desa Sumingkir dan desa Kutasari, selain sebagai sumber air irigasi pertanian Telaga Situ Tirtamarta juga sebagai pemasok air bersih PDAM Kabupaten Purbalingga sebagai sumber air minum yang dikelola oleh PDAM Kabupaten Purbalingga.

Selain sebagai sumber mata air untuk Air minum dan Pertanian yang tidak kalah menariknya adalah untuk Wisata Air yang setiap harinya bisa mencapai 100 lebih pengunjung, baik dari wilayah Purbalingga bahkan bisa dari luar wilayah Kabupaten Purbalingga. Lokasi Wisata Air Situ Tirtamarta sudah sangat terkenal, terbukti dengan banyaknya pengunjung yang datang di lokasi tersebut.

Selain penebaran ikan di Curug Situ Tirtamarta Desa Karangcegak Kecamatan Kutasari  yang dilaksanakan oleh Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan juga melakukan penebaran ikan diwilayah lain diantaranya adalah di Desa Kalitinggar Kidul Kecamatan Padamara yang berlokasi di Tinggar, dan juga di Desa Kedungwuluh Kecamatan Kalimanah yang lokasinya di sungai Ponggawa, Desa Karanggambas Kecamatan Padamara, Desa Dawuhan Kecamatan Padamara, Desa Sokawera Kecamatan Padamara dan juga Desa Karangjambe Kecamatan Padamara.

Penebaran ikan tersebut selain untuk melestarikan keanekaragaman hayati juga bertujuan untuk menjaga ekosistem perairan yang akhir-akhir ini jarang sekali terdapatnya jenis-jenis ikan, karena tindakan dari orang-orang yang tidak bertanggungjawab dengan melakukan penyetruman maupun dengan menggunakan sejenis portas untuk mendapatkan ikan yang ada di sungai.

Penebaran ikan yang dilakukan di Desa Karangcegak yaitu sejumlah  7000 ekor ikan yang terdiri dari ikan nila merah, ikan tawes dan juga melem. Dimana ikan nila merah sangat berguna sekali untuk menyeimbangkan perairan, apalagi biasanya di kolam yang jernih banyak sekali jentik nyamuk, inilah peran dari ikan nila untuk memangsanya.

Kepala Desa bersama-sama dengan Tim Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan  Kabupaten Purbalingga, Babinsa Kecamatan Kutasari juga Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Desa Karangcegak  dalam rangka penebaran benih ikan dilokasi Wisata Air Situ Tirtamarta, mudah-mudahan dengan program ini Wisata Air Sitama menjadi lebih menarik dan lebih indah terutama untuk selfi di dalam air, apalagi dengan beriringan ikan di sekelilingnya akan semakin menambah daya tarik bagi pengunjung wisata di Desa Karangcegak, mudah-mudahan. (by_admindesa 080417).