KARANGCEGAK_Desa Karangcegak pada tahun 2008 mendapat anggaran daerah yang dikhususkan untuk pengadaan air bersih di wilayah kadus 5 yaitu sebesar kurang lebih Rp. 200.000.000, anggaran tersebut digunakan untuk pengadaan jaringan/pipanisasi dan pembuatan bak penampung serta pengadaan pompa sedot/pompa celub. Tetapi setelah berjalan sekian tahun mesin pompa sedot tersebut mengalami kerusakan  dan tidak terawat hingga pada tahun 2015 Pamsimas desa karangcegak berhenti operasionalnya, sangat disayangkan karena dari sekian banyak PAMSIMAS yang ada di Kab. Purbalingga Desa Karangcegak merupakan salah satu yang mendapat kategori MERAH, hal ini disampaikan oleh pengurus pamsimas sendiri  Bp. Darsono pada waktu Musyrenbangdes tahun anggaran 2017.

Tahun 2016 dari anggaran DANA DESA mengalokasikan sebesar Rp. 12.000.000 sebagai bantuan untuk pengadaan pompa kembali, dan sudah dibelanjakan mendapat dua buah mesin pompa/pompa celub dengan harga Rp. 5.080.000, dan masih ada anggaran yang akan digunakan untuk perbaikan pipanisasi seperti yang disampaikan oleh pengurus pamsimas desa karangcegak Bp. Darsono.

20170108_06580020170108_065647

Seperti gambar diatas adalah pompa celup yang baru saja dibeli oleh pengelola pamsimas desa karangcegak, harapannya dengan dibelikannya pompa yang baru,  pemsimas bisa beroperasi kembali dan kebutuhan air minum warga kadus lima desa karangcegak bisa terpenuhi kembali, memang benar kalau di musim penghujan khususnya diwilayah kadus lima tidak kesulitan untuk mendapatkan air bersih guna keperluan sehari-hari, tetapi kalau di musim kemarau  sangatlah sulit, satu-satunya sumber mata air yang digunakan wrga kadus lima yaitu mata air PRABAWULAN atau yang dikenal dengan TUK SIRAH, ketinggian tuk sirah hingga ke wilayah kadus lima mencapai 50 m, hal inilah yang sangat terasa sekali apabila musim kemarau tiba, sumur kering….mata air jauh…jarak tempuh antara mata air sampai wilayah kadus lima mencapai  2 km, Red_0117.