Karangcegak_ Jumat 27 Januari 2017  Desa Karangcegak mendapat kegiatan dari PDAM Kab. Purbalingga  yaitu  kegiatan kerohanian dan pemberian bantuan berupa pompa air, pohon bibit manggis ; durian, serta semen untuk rumah tidak layak huni.

Bantuan pompa sedot diperuntukan untuk warga RT 04,  RT 05, RT 06 dan RT 07  yang rencananya mau  digunakan untuk menyedot / mengambil air bersih dari mata ait situ tirta marta untuk keperluan sehari hari baik mandi, cuci dan air minum.

img_1304 img_1309 img_1314

Sedangkan bantuan semen diperuntukan kepada rumah yang tidak layak huni yaitu rumah bapak Turman RT 06 RW  03, yang rencananya mau digunakan untuk plester rumah, bantuan semen tersebut diterimakan dari pimpinan PDAM Kab. Purbalingga lewat Kepala Dusun I Bp. Ongko purwoko yang selanjutnya diterimakan kepada Bapak Turman selaku penerima bantuan.

Selain bantuan semen sejumlah 30 Zak, juga ada bantuan pompa yang langsung diterimakan kepada beliau Kepala Desa Karangcegak Bp. Harsono yang nantinya mau digunakan untuk menyedot air bersih guna keperluan sehari-hari dari warga sekitar  mata air “situ tirta marta”, dengan demikian diharapkan apabila sudah ada air bersih diwilayah itu, warga yang memerlukannya sudah tidak lagi turun ke lokasi situ tirta marta, dimana lokasi tersebut sekarang sudah ramai dan sering dikunjungi  sebagai wahana wisata air desa karangcegak yaitu  “WISATA AIR SITU TIRTA MARTA”. Mengapa warga di sekitar lokasi “situ tirta marta” sangat kesulitan air bersih ..? ini dikarenakan tuk yang ada yaitu “situ tirta marta”, lokasinya berada dibawah pemukiman penduduk, jadi dari komplek penduduk arahnya menurun kearah selatan, lebih rendah. Dengan mendapat bantuan pompa ini diharapkan bisa dimanfaatkan sepenuhnya untuk menyedot air bersih dari tuk dan dinaikan ke komplek pemukiman penduduk yang berada di atas mata air “situ tirta marta”.

Ada lagi yang diberikan oleh PDAM selain Pompa dan semen juga pohon bibit manggis dan durian, yang tujuan semula  adalah digunakan untuk pelestarian sumber mata air Situ Tirta Marta, rencana penanamannya yaitu ditempatkan disekitar lokasi wisata air Situ Tirta Marta, untuk penerimaan bibit manggis kebetulan diwakili oleh Kasie PMD Kec. Kutasari yang baru yaitu Ibu Ruchyati, dan nantinya dibagikan kepada penerima diwilayah Situ Tirta Marta Desa Karangcegak Kec. Kutasari.  Selain dengan tujuan untuk memelihara dan melestarikan sumber mata air “situ tirta marta” atau yang dikenal warga sekitar “tuk tlaga”,  juga dimasa yang akan datang bisa difungsikan untuk wisata buah disekitar “situ tirta marta”, dengan semakin banyaknya pengunjung ke lokasi wisata air “situ tirta marta” bisa dikonsep sambil menikmati alam air yang sejuk dan dingin dibarengi dengan ” petik sendiri ” buah manggis, inilah yang digagas dari pemerintah desa dengan warga sekitar  tuk tlaga atau yang dikenal dengan “situ tirta marta”,  mudah-mudahan gagasan ini berhasil dan semakin menambah jumlah pengunjung di lokasi  wisata air “situ tirta marta” desa karangcegak, kecamatan kutasari purbalingga.

20161001_111007

By. Admindesa_270117.