Karangcegak, Juli 2019__Agenda rutin tiap tahun adalah pembentukan jiwa-jiwa muda yang mempunyai kepedulian tinggi terhadap keadaan sosial dan kemasyarakatan yang dimotori dari Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Purbalingga yaitu Pelatihan dan Pendidikan Kader Bela Negara dimana pesertanya rata-rata adalah anak-anak yang masih di duduk di bangku sekolah menengah atas, untuk tahun 2019 Desa Karangcegak bisa mengikutkan sebanyak 5 anak muda yang masih duduk di bangku sekolah menengah.

Dengan Pendidikan Bela Negara diharapkaan bisa menciptakan karakter terhadap jiwa anak itu sendiri, dan mempunyai sifat disiplin yang tinggi serta kepedulian sosial yang cukup baik.

Tahun 2019 Desa Karangcegak mengirimkan 5 anak yaitu, Amhar Hanif Mubarok, Ivan Nul Muslimin, Diaz Aryadi, Adit Ramdani dan Tata Melia, merupakan suatu kebanggaan Pemerintah Desa Karangcegak karena bisa mengirimkan peserta perempuan satu orang.

Diharapkan setelah mengikuti Pendidikan Kader Bela Negara masing-masing peserta untuk bisa mengaktualisasikan semua yang telah diperoleh dalam kehidupan sehari-hari, baik dilingkungan keluarga maupun sekolah, terlebih sekarang banyak berita-berita yang kurang benar atau bohong yang dengan mudahnya menyebar melalui media sosial, tentunya dengan pendidikan ini akan bisa membentengi bagi peserta untuk tidak begitu saja percaya, apalagi yang menyangkut masalah intoleransi, terorisme, radikalisme, penyalahgunaan narkoba dan lain-lain.

Pendidikan Kader Bela Negara adalah merupakan salah satu wadah pendidikan yang bisa membentuk jiwa yang mempunyai jiwa patriotisme dan nasionalisme tinggi.

Acara Pendidikan Kader Bela Negara tahun 2019 dilaksanakan pada tanggal 8 juli s/d 13 Juli 2019 di Bumi Perkemahan Munjul Luhur, (Admin_Juli 2019).